19.59 |

Perkembangan Interface dari Windows XP Sampai   Windows 7

Windows XP (2001)

Windows XP adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis,laptop , dan pusat media (Media Center). Nama "XP" adalah kependekan dari "Experience". Windows XP merupakan penerus  dan windows Me dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT.
Windows XP tersedia dalam berbagai macam edisi. Edisi yang paling umum dari sistem operasi Windows XP adalah Windows XP Home Edition, yang ditargetkan untuk pengguna rumahan, dan juga Windows XP Professional, yang menawarkan fitur-fitur tambahan seperti dukungan untuk domain Windows Server dan dua prosesor fisik, dan ditargetkan di pasar power user, bisnis dan perusahaan klien. Sementara itu, Windows XP Media Center Edition memiliki fitur multimedia tambahan yang menawarkan kemampuan untuk merekam dan menonton acara TV, melihat DVD, dan mendengarkan musik. Ada lagi Windows XP Tablet PC Edition didesain khusus untuk platform PC Tablet, yakni sebuah komputer pribadi yang menggunakan stylus.

Ini adalah Interface Windows XP




Windows Server 2003 (2003)
Dibangun sebagai pengganti windows server 2000. Merupakan versi server yang jika dilihat memiliki interface yang sama dengan XP.
http://media02.hongkiat.com/evolution-of-ms-windows/bootscreen-msws-2003.jpg
http://media02.hongkiat.com/evolution-of-ms-windows/interface-msws2003.jpg

Windows Vista (2006)
Sistem operasi yang dirancang sebagai pengganti XP, dengan interface yang jauh lebih baik, fitur aero yang menjadi andalan dan pembeda untuk interface dari OS ini. Namun OS ini bisa dikatakan tidak mampu menggantikan keberadaan XP. Tidak jarang OS ini disebut sebagai OS yang gagal, penyebab utamanya karena kebutuhan hardware yang terlalu tinggi dengan kemampuan yang sebenarnya sedikit banyak bisa dilakukan oleh pendahulunya.

Fitur-fitur yang baru dan diperbaharui

Windows Vista memiliki daftar panjang untuk ratusan fitur-fitur baru, fitur-fitur yang diubahkan, dan fitur-fitur yang ditingkatkan kemampuannya. Pada saat ini daftar fitur-fitur tersebut belum dipublikasikan secara lengkap oleh Microsoft. Namun demikian, berbagai fitur yang akan dimasukkan ke dalam Windows Vista tersebut sudah mulai diperkenalkan melalui beberapa publikasi.

Fitur-Fitur End-User

Antarmuka grafis

Antarmuka baru Vista, Windows Aero, dibangun di atas sebuah mesin baru yang bernama Desktop Window Manager. Windows Aero, juga dikenal sebagai Aero Glass, menambahkan dukungan untuk grafik 3D (dikenal sebagai Flip 3D), jendela transparan, animasi, dan efek visual lainnya. Windows Aero membutuhkan kartu grafis high-end dan kapasitas perangkat keras seperti:
  • memori grafis 64MB direkomendasikan untuk set layar 1024x768, dan 128MB untuk 1600x1200+.
  • minimal 32 bit per pixel
  • 3D hardware accelleration yang mendukung DirectX 9.0
  • memori dengan lebar pita (bandwidth) direkomendasikan 2GB/s
  • mampu menggambar ~1.5 juta segitiga/detik, dengan satu jendela hingga ~150 segitiga
  • mendukung driver Windows Display Driver Model (WDDM).
Vista juga menawarkan model Aero lainnya:
  • Mode Standard, adalah varian Windows Aero tanpa tranparan, animasi, dan efek grafis lainnya seperti Flip 3D.
  • Mode Windows Classic, juga tersedia sebagai antarmuka yang paling dasar. Classic memiliki tampilan yang mirip dengan Windows 2000 dan tidak menggunakan Desktop Composition Engine yang baru. Classic memerlukan driver-driver Windows XP Display Driver Model (XPDM) atau WDDM dan kartu grafis yang mendukung Windows 2000.
Windows Aero adalah sebuah antarmuka pengguna grafis dalam sistem operasi Windows Vista, Windows 7, Windows Server 2008 dan Windows Server 2008 R2. Namanya adalah akronim dari Authentic, Energetic, Reflective, and Open. Aero menggantikan Tema Luna yang ada di Windows XP, Fitur Aero adalah: Jendela yang Transparan dan Diberi Blur agar mirip seperti Kaca, Bayangan Pada jendela, Animasi Jendela Baru, Live Thumbnails (Pratinjau Hidup), Windows Flip (Win+F), Live Icon dan Eye Candy.
Seperti Windows XP, Icon dalam Aero dirancang oleh The Iconfactory.

Sejarah

Sebelum Windows Vista Beta 1 diluncurkan pada bulan Juli 2005, tema yang digunakan adalah Plex, Slate, dan Jade. Microsoft mulai menggunakan Aero sejak build 5048. Mulanya, Aero memiliki tiga level yang dinamai "To Go" (tidak memiliki Desktop Window Manager composition engine), AeroExpress, dan AeroGlass. Namun hal ini kemudian diubah menjadi dua level, yaitu "Windows Vista Aero" dan "Windows Vista Basic". Hal ini dilakukan agar Vista dapat digunakan dalam komputer lama yang tidak memiliki kemampuan grafik tinggi. Default font untuk Aero adalah Segoe UI. Ukuran default dinaikkan dari 8pt ke 9pt agar lebih mudah dibaca.
Pada Windows Vista jika Jendela dibesarkan (Maximize) Transparansinya akan dimatikan, Tetapi Di Windows 7 Walaupun sudah di-Maximize Jendela akan tetap transparan (ada Hack untuk Windows Vista Aero untuk Memperbaiki ini)
Windows 7 Pada Windows 7, Windows Aero sudah Mendapatkan Perbaikan dan Penambahan Fitur Seperti:
  • Aero Snap
  • Aero Shake
  • Aero Peek
  • Jump List
  • Touch UI
dan lain sebagainya.
Ini adalah Interface Windows Vista
http://media02.hongkiat.com/evolution-of-ms-windows/interface-msw-vista-01.jpghttp://media02.hongkiat.com/evolution-of-ms-windows/bootscreen-msw-vista.jpg


http://media02.hongkiat.com/evolution-of-ms-windows/interface-msw-vista-02.jpg
 





Windows 7 (2009)
Windows 7 adalah rilis terkini Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista.
Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista. Presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada tahun 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup, dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak disertakan lagi di Windows 7; kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials yang gratis.
Berikut ini adalah interface windows 7
http://media02.hongkiat.com/evolution-of-ms-windows/interface-msw-w7.jpghttp://media02.hongkiat.com/evolution-of-ms-windows/interface-msw-w7-02.jpg

http://media02.hongkiat.com/evolution-of-ms-windows/bootscreen-msw-w7.jpg









9 Keunggulan Windows 7 dibandingkan Windows XP dan Vista

Microsoft telah mengklaim bahwa Windows adalah sebuah operating system yang dirancang sesuai dengan selera pengguna yang menginginkan komputer yang simpel dan nyaman, namun dapat bekerja dengan cepat, ringan, tidak repot,sedikit mengklik, mudah digunakan dan tidak rumit.
Perbandingan Windows XP, Vista dan Windows 7
Berikut ini keunggulan Windows 7 yang diklaim oleh bos baru Microsoft pengganti Bill Gates, Steve Ballmer :
1. Menemukan File Dengan Cepat
Untuk menemukan file tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Caranya tinggal klik pada menu start dan ketik di dalam kotak pencarian apa saja yang akan dicari. Setelah terbuka, pilih apa yang anda inginkan dan dengan cepat akan terwujud.
2. Melihat Seluruh Jendela Dengan Mudah
Pada saat banyak jendela terbuka, kadang kita bingung nama atau isinya. Windows 7 membantu anda menengoknya dengan mudah dengan hanya mengintip dari taskbar. Caranya dengan melayang-layankan kursor di atas ikon dari jendela terbuka. Bakal terlihat nama ikon dan program tersebut. Layangkan lagi di atas preview untuk melihat keseluruhan layar. Klik untuk menghubungkannya deangan jendela yang anda ingin lihat.

3. Mengintip Diam-Diam Desktop Anda
Sering kali kita harus menutup jendela satu per satu untuk melihat desktop. Fitur Aero Peek membantu anda mengintip desktop tanpa menyentuh jendela. Caranya dengan melayangkan kursor di atas kotak bujur sangkar pada pojok kanan bawah. Klik di atas untuk memperkecil seluruh jendela yang terbuka. Ketika layar desktop terbuka, klik nagi untuk menampilkan kembali.
4. Mencari Apa yang Diinginkan Dengan Sangat Mudah
Jump List pada Windows 7 membantu anda mencari file, lagu, gambar, atau dokumen lainnya dalam desktop secara cepat. Hal ini mengurangi waktu terbuang anda menemukan dokumen yang kemarin dioperasikan. Fitur ini ada menu start dan taskbar. Dengan 1 klik, anda dapat melihat website yang sering digunakan pada internet explorer 8. Anda dapat menarik dan membuang sebuah file dari Jump List.
5. Membandingkan 2 Jendela Satu Sama Lain
Fitur Snap membantu kita melihat kembali jendela dengan lebih baik dan memudahkan membandingkan 2 dokumen satu sama lain. Carannya dengan menarik jendela ke satu sisi dari layar. Ketika pointer mouse ke sisi lain, jendela akan snap setengah dari layar. Untuk memperluasnya secara vertical, tarik border ke pinggir layar. Ketika pointer mouse di pinggir, jendela akan snap ke vertical penuh.Satu Klik D
6. Satu Klik Dapat Semua
Dengan fitur pin, anda dapat mengakses taskbar dengan satu klik. Layangkan kursor di atas program favorit dan tarik ke taskbar. Atau klik kanan di atasnya dan pilih “pin” di Taskbar. Program anda akan jadi pin. Untuk membukanya, klik pada ikon Taskbar. Anda dapat membuka pin dengan program lain pada saatnya.
7. Set-up Nirkabel Dengan Mudah
Dengan Windows 7 set-up nirkabel jauh lebih mudah. Anda dapat menambahkan yang lain, termasuk jaringan printer dan digital media player. Caranya dengan meluncurkan wizard “Add a Device” lalu ketik lokasi pin pada perangkat bergerak.
8. Berselancar di Internet dengan Cepat, Aman dan Mudah
Internet Explorer 8 membuat penggunaan internet jadi lebih cepat, aman dan mudah. Melalui web slices, anda dapat melacak jejak informasi secara khusus. Ini lebih mudah diikuti ketimbang lelang di eBay atau berita terbaru dari ESPN. Dengan kontak instant search di internet explorer, hasilnya dapat diikuti secara real time. Hasil pencarian juga dilengkapi dengan the SmartScreen, yaitu filter yang melindungi anda dari spam, virus dan lainnya. Sedangkan InPrivate membantu privasi anda menjelajahi dunia maya setelah menutup browser.
9. Personalisasi Komputer Anda
Dengan Windows 7, Anda tidak terlalu sulit membuat komputer lebih personal. Caranya dengan klik kanan pada desktop kemudian klik personalize untuk memilih dari banyak tema yang menarik atau putar belakang desktop ke dalam slide show foto favorite. Klik Gadgets untuk menambahkan informasi yang sering dibutuhkan pada desktop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar