08.17 |

Diskusi IMK

1. Bagaimana pendapat anda mengenai warna dalam imk?
2. mengapa manusia begitu penting dalam IMK?
3. Dalam perancangan antar muka pemakai, apa yang diperlukan dalam mengakomodasi expert frequent user?



Warna

Warna adalah sensasi yang diciptakan system visual kita karena adanya eksitasi radiasi elektromagnetik yang dikenal sebagai cahaya. Atau untuk lebih detailnya, warna adalah hasil persepsi dari cahaya di daerah spectrum electromagnetic yang dapat dilihat, yang mempunyai panjang gelombang dari 400nm sampai 700nm, yang datang ke retina manusia. Retina mempunyai 3 sel reseptor warna Retina mempunyai 3 sel reseptor warna yang disebut dengan cone atau kerucut karena bentuknya yang menyerupai kerucut, yang masing-masing mempunyai respon terhadap spektrum yang berbeda.  


 

Mata manusia mempunyai respon persepsi yang tidak linear ke luminance yang sering disebut dengan lightness (L).
Pendekatan ketidaklinearan ini secara kasar adalah dengan logaritmik. Manusia menterjemahkan sebuah warna berdasarkan lightness (L)/kecerahan, hue (H)/warna-warni, dan saturasi(S)/kejenuhan dari warna tersebut. Hue adalah atribut dari warna yang diasosiasikan dengan panjang gelombang yang dominan didalam campuran gelombang cahaya. Jika suatu obyek dikatakan biru, kuning, atau hijau, maka hue sudah dispesifikasikan. Dengan kata lain ini adalah atribut dari sensasi visual dimana sebuah area nampak mirip dengan warna merah, kuning, hijau, dan biru, atau kombinasi dari keduanya.  

Sebenarnya warna menyiratkan ragamnya dunia yang tidak mungkin dihindarkan. Orang komputer atau teknik sangat paham ada kombinasi warna dari tiga warna dasar merah (red), hijau (green), dan biru (blue), yang sering disingkat menjadi RGB 




2. Pokok bahasan yang kedua: faktor manusia dalam IMK?

Ketika hendak membangun sebuah Interaksi Manusia Komputer, faktor manusia harus terpikirkan dengan matang, tidak hanya

memikirkan aspek teknis dari komputer saja. Bagaimana manusia menangkap data/informasi, bagaimana manusia memproses dan

mengelola informasi yang telah ditangkapnya.

Faktor manusia dapat dipandang sebagai sistem pemroses informasi:

- informasi diterima dan ditanggapi melalui saluran input-output (indera)
- informasi disimpan dalam ingatan (memori)
- informasi diproses dan diaplikasikan dalam berbagai cara
Kapasitas manusia satu dengan yang lain dalam menerima rangsang dan memberi reaksi berbeda satu dengan yang lain dan hal ini

menjadi faktor yang harus diperhatikan dalam merancang interface.


Faktor manusia merupakan aspek penting dalam sebuah sistem komputer, untuk membuat keseimbangan antara model sistem komputer

dan manusia sebagai pengguna, maka perancang sistem juga harus memodelkan manusia dengan cara yang sama

3. Apa yang dapat diperlukan untuk mengakomodasi expert frequent user ?

a. Ahli dan tahu secara detil kegunaan software
b. Membutuhkan respon cepat
c. Memerlukan perintah makro
d. Menu dibuat rungkas dan cepa
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar